Advertisement

Responsive Advertisement

Progres Pendidikan Akademik dan Non Akademik SD Negeri 001 Babulu

Sutiono,S.Pd

Pendidikan saat ini berubah lebih dari yang mungkin pernah terjadi sebelumnya. Dinamika sistem pendidikan yang terus mendorong kita ke sistem pendidikan modern dimana sistem pendidikan di zaman modern ini, penggunaan teknologi merupakan hal yang tak terpisahkan. Sebagai salah satu penerapannya kita menggunakan media yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk tetap mengikuti dinamika perkembangan yang up-to-date baik guru maupun murid sebagai fokus utama dalam pengenalan pendidikan berbasis teknologi menuju prestasi baik akademik maupun non akademik di masa depan yang lebih gemilang.

Bagaimana dengan prestasi akademik dan non akademik di SDN 001 Babulu? Sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu prestasi akademik. Prestasi akademik merupakan hasil kinerja yang menunjukkan sejauh mana seseorang telah mencapai tujuan tertentu yang menjadi fokus kegiatan di lingkungan instruksional, khususnya di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Sejauh ini prestasi akademik di SDN 001 Babulu bisa dikatakan mengalami progres yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dari nilai akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu nilai 92. Nilai termasuk Akreditasi A (Unggul) dari nilai akreditasi sebelumya dengan nilai 86. Prestasi ini tidak lepas dari komitmen dan dedikasi yang tinggi dari semua pegawai guru dan staff di lingkungan SDN 001 Babulu. 

Yang kedua dari aspek prestasi non akademik ekstrakurikuler yaitu pramuka dan olahraga juga cukup memiliki prestasi yang gemilang baik dari antar sekolah, kecamatan, kabupaten maupun tingkat provinsi. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang baru dilaksanakan di tingkat provinsi Kalimantan Timur yaitu Pencak Silat. SDN 001 Babulu telah mengirim 12 atlet dimana mereka memiliki prestasi yang tak kalah gemilang yang berhasil membawa pulang 4 medali emas, 6 medali perak dan 2 perunggu. Kita bisa lihat dengan banyaknya koleksi piala ,piagam penghargaan dan medali baik emas, perak maupun perunggu yang telah ditorehkan oleh peserta didik dari SDN 001 Babulu. Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari peran aktif pembina di SDN 001 Babulu. 

Pencapaian prestasi akademik dan non akdemik di SDN 001 Babulu merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan berjalan sesuai dengan garis keseimbangan. Namun, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler dengan segudang prestasi tetap perlu dilakukan perbaikan-perbaikan dan pengayaan ke depannya untuk tetap berkomitmen berjalan sesuai dengan kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah dengan harapan bahwa pendidikan ke depannya akan lebih baik dari hari ini. 

Penulis : JNC Edukasi 
Source : SDN 001 babulu

Posting Komentar

0 Komentar